MAKALAH
GRAFIKA KOMPUTER
( Penerapan Grafika Komputer Dalam
Berbagai Bidang )
Oleh
NOVITA SABUNA
NIM : 13110239
Teknik
Informatika
STIKOM
ARTHA BUANA
KUPANG
2016
Grafik komputer merupakan salah satu
ilmu yang dipelajari di teknik informatika dan ilmu komputer. Aplikasi grafik
komputer ini sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu
pemilihan software yang tepat akan sangat membantu menciptakan bentuk-bentuk
objek dengan realisme nyata. Borland C++ Builder Prefessional merupakan salah
satu bahasa pemrograman yang menyediakan tool-tool dan fungsi-fungsi untuk
pembuatan aplikasi grafik.
Ada lagi fasilitas-fasilitas GDI
(Grafical Device Interface) yang dipunyai oleh Borland C++ Builder ini akan
sangat memudahkan penggunanya dalam menciptakan aplikasi grafik. Borland C++
Builder menyediakan beberapa algoritma untuk mempresentasikan objek agar
terlihat lebih nyata.
Adapun perbedaan grafik komputer dan pengolahan
citra. Grafik komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu objek gambar.
Sedangkan pengolahan citra adalah mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi
citra baru.
Penerapannya
:
1.
Bidang
hiburan
Misalkan pada
film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. Sudah banyak film
film yang menggabungkan berbagai teknik, salah satunya penerapan grafik
komputer agar tercapai sebuah film dengan efek efek yang mengagumkan
2.
Bidang
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan
digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat
melalui power point ataupun software lainnya.
3.
Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer
grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter,
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter,
GIMP.3.Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer
grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
4.
Video Game
Video game adalah permainan yang
melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi
banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris,
hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game
sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network,
seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
5.
Computer-Aided
Design (CAD)
bidang ini
grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang
akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,
desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti
autocad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam
perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan
menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
CAD adalah
alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya
untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan
rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.
6.
Computer-Aided
Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan
dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user
requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur
program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
7.
Virtual
Reality
Virtual Reality adalah lingkungan
virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan
objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus
digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user
beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR
parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung.
Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama
latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun
payung sesungguhnya.
8. Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik
membuat image, diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi
telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide
abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia.
Contoh: visualisasi dari struktur
protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
9.
Bidang
Kesehatan.
Di jaman
komputerisasi seperti saat ini, penggunaan computer tidak melulu berhubungan
dengan pengolahan data konvensional ataupun berupa angka angka saja, dalam
bidang kesehatan banyak sekali di gunakan system komputerisasi yang menggunakan
grafik komputer dan pengolahan citra, misalnya pada mesin USG. Contoh lainnya
adalah penggunaan sinar X (foto Rontgen) merupakan salah satu dari pemanfaatan
pengolahan citra dalam bidang kedokteran. Sinar X sangatlah membantu dokter
untuk mendiagnosa suatu penyakit.
10. Bidang Militer.
Pemanfaatan
grafik komputer dalam bidang militer adalah mengenali sasaran peluru kendali
melalui sensor visual.
Sumber terkait :
http://nurulaisyah2.wordpress.com/2012/09/30/pemanfaatan-grafik-komputer-dan-pengolahan-citra-dalam-kehidupan-sehari-hari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar